Home > Sports > MotoGP Kerjakan Pelindung Tambahan

MotoGP Kerjakan Pelindung Tambahan

Kris Fathoni W – detiksport


Getty Images

Misano – Dunia balap roda dua berduka dengan tewasnya rider Moto2 Shoya Tomizawa usai sebuah insiden di lintasan. Untuk meminimalisir kejadian fatal semacam itu lagi, mekanisme pelindung tambahan ternyata juga tengah dikerjakan.

Tomizawa mendapatkan cedera berat setelah terjatuh dari motornya dan kemudian dilindas oleh Alex de Angelis dan Scott Redding, yang tak bisa menghindar karena dekatnya jarak saat terjadi insiden.

Usai kejadian, nyawa Tomizawa tak dapat diselamatkan dan dia pun menghembuskan nafas terakhir. Menurut Valentino Rossi yang membalap di kelas MotoGP, ini terjadi karena belum adanya peraturan atau fasilitas keselamatan yang bisa jadi solusi tepat.

Delegasi keselamatan MotoGP Franco Uncini membenarkan dugaan Rossi tersebut. Namun, Uncini juga mengaku kalau MotoGP telah menelaah kemungkinan lanjutan yang dapat diambil untuk semakin melindungi para pembalap dalam sebuah tabrakan.

“Bisa dibilang kalau yang terjadi (dengan Tomizawa) tak ada hubungannya dengan (kelalaian) keamanan. Cedera-cedera semacam ini sayangnya bisa terjadi kapan saja,” ujar Uncini di Autosport.

“Dengan teknologi yang ada saat ini, sangat sulit untuk mengatasi hal semacam itu, tapi kami sedang bekerja untuk mencari cara agar di masa depan kami bisa mengurangi dampak dari insiden semacam ini,” papar dia.

Riset yang sedang dilakukan sekarang, lanjut Uncini, adalah meneliti pelindung tambahan yang nantinya bisa dikenakan langsung oleh para pembalap.

“(Fokusnya adalah pada) Perlindungan menyeluruh untuk si pembalap karena dalam insiden semacam ini, tak ada hubungannya dengan keamanan di sekitar lintasan tapi sesuatu yang digunakan pembalap untuk meningkatkan keselamatan.”

“Sudah ada kemajuan besar pada bahan di helm dan baju balapan, tapi satu-satunya cara untuk mengatasi problem semacam ini adalah memiliki sesuatu yang lebih baik. Semuanya masih berusaha, menggali cara-cara baru dan kami pun terus mencari cara mengatasi masalah ini,” beber Uncini.

Selain memberikan pengamanan yang lebih baik, bahan yang dipergunakan nantinya juga tak boleh membatasi pergerakan pembalap saat balapan. Ini juga memberikan tantangan dalam penelitian.

“Dalam segala sesuatu ada yang berseberangan, jadi kami juga harus memahami apakah keseimbangannya nanti jadi membaik atau memburuk. Ini adalah masalahnya dan kenapa kami juga butuh waktu untuk melakukan pengujian materi,” simpul Uncini.

( krs / a2s )

Advertisements
Categories: Sports
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: