Home > Basketball > Kecewa Citra Streetball

Kecewa Citra Streetball

13 Aug 2010

COREY “Homicide” Williams, bintang basket yang baru tampil di Development Basketball League (DBL) World Camp 2010 di Surabaya, punya pesan besar untuk disampaikan Streetball yang dikenal sekarang bukanlah street-ball yang sebenarnya.

Corey Williams meraih popularitas dari arena streetball. Julukan “Homicide” dia dapatkan di jalanan, berkat kiprahnya mengalahkan pemain-pemain terhcbat di “jalanan.” Dia disebut-sebut sebagai salah satu pemain streetball terbaik dalam sejarah.

Lahir di kawasan “keras” Bronx. New York, dia langsung terekspose dengan permainan jalanan itu sejak kecil. Hama. dia kecewa dengan citra streetball yang sekarang tersebar luas di dunia. Selama berada di Surabaya 6-11 Agustus lalu, berkali-kali Williams menyampaikan kekecewaannya terhadap citra tersebut.

“Di tempat saya berasal, anak baru lahir sudah langsung bisa main basket. Ke mana-mana kita pergi, di setiap perempatan jalanan ada lapangan basket.” papar Williams saat di Surabaya.

Tapi. Williams menegaskan, strectball yang sebenarnya bukanlah streetball yang sekarang dikenal dunia. Streetball bukanlah kemampuan melakukan trik-trik basket seperti yang dipopulerkan oleh tur produsen sepatu dan apparel Andi.

“Streeiball \ ersi And I itu adalah show.

Bukan basket. Itu seperti Harlem Globetrotter, yang melakukan berbagai trik basket untuk menghibur penonton. Streeiball yang sebenarnya bukanlah itu.” ucapnya.

Lalu, seperti apa streetball yang sebenarnya? “Nyalakan komputer. Masuk ke situs YouTube. Lalu ketik Corey Homicide Williams.” Tonton baik-baik. Itulah streetball yang sebenarnya,” ucapnya.

“Streetball yang sebenarnya tidaklah berbeda banyak dengan pertandingan profesional. Bedanya, pertandingan streetball dilangsungkan di jalanan, di lapangan terbuka. Bedanya lagi, permainan di jalanan jauh lebih keras, menuntut ketangguhan ekstra, hu namanya streetball. Sekali lagi. And I bukanlah streetball!” tandas Williams.

Pemain yang pada 4 Agustus lalu berulang tahun ke-33 itu pernah terlibat dalam tur Andi. Dia mengaku punya banyak teman di arena And 1. Kata dia. banyak pula pemain And 1 yang kecewa dengan perkembangan streetball tersebut. “Percayalah, banyak pemain Andi yang kecewa dengan tur sendiri. Karena apa yang mereka lakukan bukanlah basket ang sebenarnya,” kata Williams ketus.

“Saya ingin dunia lebih paham, apa itu streetball yang sebenarnya. Streetball bukanlah kemampuan melakukan trik!” tandasnya sekali lagi.

Saat ini Williams mengaku sedangmenjadi salah satu bintang dalam sebuah film dokumenter tentang streetball. Dia berharap, dokumenter itu bisa menjelaskan lebih baik tentang apa itu streetball yang sebenarnya.

Williams mengaku arena streetball (yang sebenarnya) terus mendapat pengakuan di Amerika Serikat. Jordan Brand, merek sepatu dan apparel kelas atas, belakangan juga melirik arena tersebut dengan merilis sejumlah sepatu streetball (seperti sepatu basket biasa, tapi ventilasi lebih banyak).

Williams merupakan salah satu bintang Jordan Brand di arena tersebut. Ketika di Surabaya, dia selalu mengenakan sepatu atau apparel Jordan dari atas sampai bawah. “Ini membanggakan. Jordan Brand hanya memilih bintang-bintang papan atas,” ucap point guard 191 cm itu.

Mengenai karir profesional. Williams sedang menunggu kontrak. Dia mengaku tidak akan kembali ke Townsville Crocodiles di National Basketball League (NBL) Australia, tempat dia meraih gelar Most Valuable Player (MVP) dan status termahal pada musim 2009-2010 lalu.

“Manajer saya sedang negosiasi dengan sejumlah klub di Eropa. Juli dan Agustus biasanya adalah bulan-bulan menentukan. Semoga dalam waktu dekat saya bisa mendapat kepastian.” ujarnya, (azal

Advertisements
Categories: Basketball
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: